December 6, 2023

WWW.BERITAMADANI.COM

Pemkab Kediri Gelar Parade Buah Nanas 2023 di Lereng Kelud untuk Kenalkan Potensi Daerah

Kabupaten Kediri, www.beritamadani.comRibuan warga menyaksikan parade buah nanas yang merupakan rangkaian acara Pineapple Festival 2023 yang berlangsung di Rest Area Gunung Kelud, Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Minggu (7/5/2023).

Parade Buah Nanas ini diikuti 13 peserta dari desa-desa yang ada di Kecamatan Ngancar dan sekitarnya. Gunungan nanas dengan berbagai bentuk diarak dari Balai Desa Sugihwaras Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri menuju rest area kawasan wisata Gunung Kelud yang berjarak sekitar 1 kilometer.

Selain parade menghias buah nanas, juga digelar aneka lomba, pameran olahan dan edukasi terkait budi daya buah nanas.

Setelah sampai di rest area kawasan wisata Gunung Kelud, gunungan nanas yang mengikuti parade dikumpulkan disatu tempat dengan gunungan nanas setinggi 7 meter.

Plt Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan, Anang Widodo, menjelaskan, Festival Nanas 2023 digelar, karena Kabupaten Kediri memiliki potensi budi daya nanas yang cukup besar.

“Tahun 2022 luasan budi daya nanas Kabupaten Kediri sebesar 2.578 hektare. Terdiri dari empat varietas yakni queen, simplex, pasir kelud dan semut kayen,” jelasnya.

Beberapa kreativitas yang telah diwujudkan masyarakat seperti kue pie nanas, dodol nanas, jenang natadepinas, bolu nanas, sari nanas, madumongso nanas, juga produk fashion dari serat daun nanas.

“Diharapkan saat Bandara Dhoho Kediri telah beroperasi, produk nanas bisa menjadi sajian utama dan menjadi ikon Kabupaten Kediri,” pungkas Anang Widodo.

Sekretaris Daerah, Mohammad Solikin menjelaskan, ada beberapa pesan yang ingin disampaikan oleh Bupati Kediri melalui adanya Festival Nanas tahun 2023 ini. Pesan utama pada hilirisasi dan industrialisasi nanas. Arahannya agar nanas Kabupaten Kediri selain dijual dalam bentuk buah, harus dioptimalkan dalam bentuk produk turunan olahan nanas sehingga memberi nilai tambah bagi warga masyarakat.

“Harapan kami kegiatan ini selain bisa menghibur masyarakat juga menggali kreatifitas potensi khususnya produk varian nanas. Melalui festival dan pameran nanas ini, akan muncul kreatifitas hasil olahan nanas dan muncul potensi baru terkait produk turunan buah nanas,” jelas Moh. Solikin.

Puncak acara digelar gerebek nanas, yakni ribuan buah nanas dibentuk Tumpeng Raksasa, Hewan Ternak, Tugu Monumen SLG, dan lainnya dibagikan gratis kepada pengunjung Pineapple Festival. (Tim BMK)