May 28, 2023

WWW.BERITAMADANI.COM

Polres Kediri Kota Amankan Ibadah Paskah di Sejumlah Gereja

Loading

Kota Kediri, www.beritamadani.com –  Aparat gabungan Polres Kediri Kota bersama TNI mulai bersiaga melakukan pengamanan jelang perayaan hari Paskah maupun Jumat Agung Umat Kristiani, di sejumlah gereja, Jumat (7/4/23)

Kapolres Kediri Kota AKBP Teddy Chandra, S.I.K., M.Si. menyatakan, pihaknya menerjunkan ratusan personel, dibantu TNI untuk mengamankan gereja di seluruh wilayah hukum Polres Kediri Kota

“Kekuatan yang kita turunkan baik itu dari Polres dibackup oleh teman-teman TNI serta Unit Jibom Gegana Polda Jatim juga untuk mengamankan semuanya,” kata Kapolres.

Selain Polri-TNI, AKBP Teddy menyebut pengamanan juga akan dibantu oleh internal gereja. Pengamanan tersebut kata dia, antara lain dilakukan dengan memeriksa semua barang bawaan yang dibawa oleh aparat, termasuk pengawasan lewat CCTV.

Sejumlah gereja pun telah mengimbau kepada para jemaat untuk tidak membawa benda-benda tertentu ke dalam gereja.

“Ini salah satu upaya untuk tidak memperlambat dalam pemeriksaan di Gereja. Kita juga melakukan tambahan patroli di sekitar Gereja,” kata Kapolres.

Sementara itu Kabag Ops Polres Kediri Kota Kompol Abraham Sissik, S.Sos, S.H., M.H. yang memimpin sterilisasi mengatakan sebelum jamaat masuk gereja.  Penjinak Bom (Jibom) Detasemen Gegana Satbrimob Polda Jatim melakukan sterilisasi guna memastikan tidak ada barang berbahaya yang menggangu ibadah Paskah.

Sterilisasi antara lain dilakukan di Gereja Santo Yosep Jl. Hasanudin, serta ST Vincensius Jl. Veteran yang tetap menyelenggarakan ibadah dengan jamaat cukup banyak.

“Tujuan kami sterilisasi ini memberikan keyakinan terhadap masyarakat bahwa di tempat ini memang aman dari bahan peledak maupun bom,” katanya.

“Semoga saudara kita yang akan melaksanakan ibadah dalam memperingati wafatnya Isa Almasih berjalan dengan lancar, aman dan kondusif sesuai dengan harapannya.” pungkasnya. (hms Polresta Kediri)