November 30, 2023

WWW.BERITAMADANI.COM

Pemkab Kediri Gelar Patgab untuk Monitor Harga Sembako

Kabupaten Kediri, www.beritamadani.comDalam rangka persiapan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444 H Tahun 2023 Pemerintah Kabupaten Kediri bersama Forkopimda menggelar patroli gabungan cipta kondisi keamanan dan monitoring pengendalian harga bahan pokok di pasar-pasar besar wilayah Kabupaten Kediri.

Sebelum menuju ke titik-titik pasar yang akan di tinjau seluruh jajaran Forkopimda dan OPD terkait berkumpul di Pendopo Panjalu Jayati melakukan koordinasi. Kemudian dilanjutkan berangkat ke lokasi pasar-pasar besar. Jajaran Forkopimda dan OPD dibagi menjadi beberapa tim yang tersebar ke beberapa pasar, yaitu Pasar Kras, Pasar Kandangan, Pasar Gringging Grogol, dan Pasar Pamenang Pare.

Bertempat disalah satu lokasi, di Pasar Kandangan (12/4/23), patroli dipimpin oleh Dandim 0809/ Kediri Letkol Inf. Arif Setiawan didampingi oleh perwakilan Forkopimda, OPD terkait dan Forkopimcam. Sebelum melaksanakan monitoring harga bahan pokok sempat berdialog dengan beberapa perwakilan pedagang pasar.

“Dalam rangka operasi pasar menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H Tahun 2023 sesuai dengan petunjuk dan intruksi dari Pak Presiden, dimana pemerintah daerah harus bisa mengendalikan inflasi”, jelas Letkol Inf. Arif Setiawan.

Beliau berharap semoga situasi di wilayah Kabupaten Kediri menjelang lebaran tetap aman kondusif dan tidak ada permasalahan suatu apapun.

“Dimana harga-harga barang kebutuhan pokok ini tidak ada peningkatan dan jangan sampai ada oknum-oknum yang memanfaatkan,” pungkas Dandim 0809/ Kediri.

Setelah berdialog dengan para pedagang, tim gabungan mengecek langsung harga-harga bahan pokok ke pedagang-pedagang pasar dan tidak ada lonjakan harga yang siginifikan, seluruh harga bahan pokok normal sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET).

Sementara itu di Pasar Pamenang, Kecamatan Pare ditemukan kenaikan harga di beberapa bahan pokok seperti beras dan daging ayam. Pemkab Kediri berharap agar stok bahan pokok di H-9 lebaran ini aman. Dari pantauan yang dilakukan, kenaikan harga beras medium di kisaran Rp. 11.000 per kilogram. Sedangkan untuk harga daging ayam melonjak dari yang semula di angka Rp. 28.000, per 12 April 2023 mengalami kenaikan sampai dengan Rp. 31.000 per kilogram.

Patroli Gabungan ini juga dalam rangka memastikan tidak ada penimbunan yang mengakibatkan konflik hingga langkanya stok bahan pokok. Dengan patroli ini diharapkan suasana di wilayah Kabupaten Kediri menjelang Hari Raya Idul Fitri bisa kondusif. Di wilayah Kabupaten Kediri sendiri kondisi ketersedian 9 bahan pokok sampai hari ini belum ditemukan penimbunan bahan pokok.
Tak hanya patroli pasar, Pemkab Kediri juga memberikan bingkisan bagi petugas pasar di empat titik tersebut. Harapannya agar petugas pasar bisa ikut merayakan Hari Raya Idul Fitri yang akan dirayakan sebentar lagi. (Kominfo Kab Kediri)