December 6, 2023

WWW.BERITAMADANI.COM

Moral Bangsa Harus Dijaga Dalam Menjaga Kedaulatan NKRI

Malang, www.beritamadani.com – Komandan Kodim 0833/Kota Malang Letkol Kav Heru Wibowo Sofa, S.H, M.Han., menghadiri kegiatan Safari Ramadhan dan Ceramah Kebangsaan oleh Ibu  Dr. (H.C) Hj.Sinta Nuriyah Wahid, M.Hum., istri Presiden RI  keempat (Dr. (H.C.). K.H. Abdurrahman Wahid) yang di hadiri sekitar 200 orang, bertempat di Gedung Ballroom Sanika Satyawada Polresta Malang Kota, Jl. JA. Suprapto No. 19, Kec. Klojen, Kota Malang, pada Rabu sore (5/4/2023).

Dalam Sambutan Kapolresta Malang Kota Kombes Pol. Budi Hermanto, S.I.K., M.Si., menyampaikan ucapan selamat datang kepada ibu Dr. (H.C). Dra. Hj. Sinta Nuriyah Wahid, M.Hum., kami di sini untuk mendengarkan ceramah kebangsaan dan tausyiah dimana apa yang kita teladani dari almarhum Gusdur yaitu persaudaraan dan kearifan lokal yang terus digemborkan untuk kemajuan NKRI, walaupun almarhum sudah mendahului kita semua, tetapi semangat perjuangan almarhum akan terus kita jaga.

“Beliau mengajarkan bahwa tingkat keimanan kita sebagai insan manusia sangatlah penting apapun pekerjaan dan profesi kita, kita pada hari ini secara khusus akan mendengarkan ceramah wawasan kebangsaan dan juga tausyiah, semoga kita menjadi benteng dalam menjaga kedaulatan NKRI selalu mendapatkan perlindungan dari Allah SWT,” jelasnya.

Dalam Tausyiah / Ceramah Kebangsaan Ibu Nyai Dr. (H.C) Hj.Sinta Nuriyah Wahid, H.Hum., istri Presiden keempat (Dr. (H.C.). K.H. Abdurrahman Wahid) mengatakan, menjaga moral anak bangsa Indonesia pada masa sekarang adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Hal tersebut disampaikan Ibu Negara (1999-2001) itu saat memberikan ceramah kebangsaan di Gedung Ballroom Sanika Satyawada Polresta Malang Kota.

Dia mengatakan, hari-hari ini pemberitaan diisi oleh hiruk pikuk yang mengindikasikan degradasi moral bangsa seperti banyaknya perkosaan terhadap balita, anak bahkan lanjut usia. Selain itu, pembunuhan dan pembuangan bayi oleh orang tuanya menjadi indikasi lain bahwa sekarang ini jiwa manusia kering kerontang dan perlu perbaikan.

 “Saya prihatin kekerasan yang bersifat moral masih ada di negara ini. Saya mengajak anak bangsa agar memperbaiki moral, agar jati diri bangsa tetap terjaga,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, dia juga mengajak seluruh elemen bangsa untuk menghargai kebhinnekaan. Agama, suku, ras dan antar golongan yang berbeda diharapkan menjadi keindahan Indonesia dan jangan sampai itu menjadi sumber perpecahan persatuan dan kesatuan bangsa  Indonesia.

Sementara Dandim 0833/Kota Malang berharap kedatangan Ibu Negara Sinta Nuriyah Wahid mendatangkan keberkahan bagi Kota Malang. Selain itu, dirinya berharap petuah kebangsaan dalam menjaga persatuan dan kesatuan negara bisa dipegang teguh oleh setiap warga negara.

 “Semoga dengan kedatangan beliau bisa mendatangkan keberkahan bagi Kota Malang dan  kita bisa memegang teguh prinsip kebhinekaan dalam berbangsa dalam upaya perkokoh persatuan dan kesatuan bangsa,” tuturnya. (Pendim-Yuni)