December 2, 2022

WWW.BERITAMADANI.COM

Dinas PUPR Kota Kediri Rehab Saluran Drainase untuk Mencegah Banjir

 9,874 total views,  2 views today

Kota Kediri, www.beritamadani.com – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Kediri melakukan perbaikan saluran air atau drainase. Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya mengantisipasi terjadinya genangan air di beberapa titik rawan saat memasuki musim hujan.

Kepala Dinas PUPR Kota Kediri, Endang Kartika Sari, S.T., M.M., melalui Kabid Bina Marga Dinas PUPR Kota Kediri, I Made Dwi Permana saat ditemui awak www.beritamadani.com, Rabu, 09 Nopember 2022, mengatakan pelebaran dan pendalaman drainase dilakukan di 13 lokasi dan difokuskan untuk kawasan Kaliombo serta Jalan Pattimura.

“Dari 13 lokasi dua titik itu dinilai paling urgent, artinya saat hujan deras dua titik itu lebih memungkinkan terjadinya genangan air,” ujarnya.

Khususnya di Kampung Banaran Gang Masjid, rehabilitasi saluran drainase menuju sungai, wilayah Kelurahan Banaran Kecamatan Pesantren Kota Kediri, menggunakan sumber dana APBD Tahun Anggaran 2022. Mitra Penyedia Jasa : CV BELVIN KARYA UTAMA. Konsultan Supervisi: CV. PANDU ADHIGRAHA.

Masih menurut I Made, dimensi awal drainase yang ada di Jalan Pattimura berukuran 40×40 Cm dan ada juga yang berukuran 60×60 Cm. Dalam proyek ini, pihaknya mengganti ukurannya menjadi 120×150 Cm.

Sedangkan untuk wilayah Kaliombo, dimensi awalnya 60×60 Cm diganti menjadi 80×80 Cm. “Untuk panjangnya bervariasi, tapi rata-rata 300 meter,” imbuhnya.

I Made menyebutkan, selain di dua titik tersebut, perbaikan drainase juga dilakukan di antaranya di Semampir, Jalan Pemuda, Jalan Sultan Agung, Banaran, Burengan, Jalan Kyai Mojo, Tinalan, dan Jalan dr. Saharjo.

“Perbaikan dilakukan dengan cara memperlebar dan mengeruk endapan saluran air,” tuturnya.

I Made mengungkapkan bahwa progres perbaikan drainase disebagian besar lokasi sudah selesai. Saat ini perbaikan yang masih berjalan hanya di Jalan Pattimura, Kaliombo, Semampir.

“Di lokasi lainnya sudah selesai. Targetnya akhir tahun ini sudah selesai semua,” tandasnya.

Lebih lanjut, I Made berharap, dengan perbaikan drainase ini dapat mengurangi genangan air terutama di titik-titik rawan di pusat Kota Kediri. Dia juga menyebut adanya kerja sama atau kolaborasi dengan warga akan membantu menyelesaikan permasalahan ini.

“Harapannya lokasi rawan genangan bisa tertangani semua. Kami harap, warga juga turut bekerja sama dengan tidak membuang sampah sembarangan yang menjadi salah satu penyebab tersumbatnya aliran air atau got alias selokan yang mengarah ke aliran sungai besar,” pungkasnya. (DPUPR Kota Kediri-Cakas)