May 21, 2022

BERITAMADANI.COM

Media Online Indonesia

Penandatanganan MoU Program Sekolah Rakyat Autis antara MAC dan FIP Universitas Negeri Malang

Kota Malang, www.beritamadani.com – Gema Ramadan 1443 Hijriah menjadi momen bagi Malang Autism Center (MAC) untuk berkolaborasi dan bersinergi, serta berbagi terhadap sesama. Kali ini MAC resmi kerja sama Program Sekolah Rakyat Autis dengan Universitas Negeri Malang (UM).

Hal ini ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama memorandum of understanding (MoU) yang dilakukan langsung oleh Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan UM Prof. Bambang Budi Wiyono, M.Pd., dengan M. Cahyadi Ketua MAC pada hari ini, Kamis (21/4/2022) di Aula FIB Gedung D3 Lt. 2 Fakultas Ilmu Pendidikan UM, Jalan Semarang No. 5, Kota Malang.

Bentuk kerja sama kedua belah pihak ini adalah pihak jurusan memberikan list mahasiswa/mahasiswi yang tertarik untuk bergabung dalam program Sekolah Rakyat Autis, sedangkan pihak MAC akan melakukan interview dan sekaligus pelatihan selama 14 hari kepada para mahasiswa tersebut agar siap untuk menjadi tenaga terapis anak ASD.

Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) merupakan anak yang istimewa, membutuhkan penanganan khusus karena adanya gangguan perkembangan dan kelainan akibat keterbatasan baik itu fisik maupun psikologis. Autisme merupakan salah satu jenis kebutuhan yang merupakan bagian dari gangguan spektrum autisme atau Autisme Spectrum Disorders (ASD).

M. Cahyadi Ketua MAC menjelaskan, bahwa mendasari dari pentingnya intervensi atas prilaku dari anak ASD yang semakin meningkat dalam tiap tahunnya, membuat pihaknya mendirikan Sekolah Rakyat Autis.

“MAC berdiri sejak 2016 merupakan Boarding House dengan metode ABA yang ditujukan untuk melatih pemahaman, kemandirian perilaku dan juga interaksi sosial bagi anak-anak berkebutuhan khusus,” tuturnya.

Selain memiliki staf yang berpengalaman di bidang masing-masing, MAC juga menggunakan bahan-bahan organik yang dikhususkan untuk kebutuhan nutrisi anak-anak.

“MAC memiliki 5 kamar boarding dan 5 ruang belajar untuk masing-masing anak. Serta dua gazebo dan dapur yang digunakan sebagai ruang kelas dan area pelatihan anak-anak autis. Setiap anak didampingi 2 pengajar,” paparnya.

Sementara itu, Prof. Mohammad Effendi, M.Pd, M.Kes., mewakili pihak Universitas Negeri Malang mendukung sepenuhnya proyek sosial yang digagas oleh MAC ini. “Mudah-mudahan kerja sama tidak hanya seremonial saja, namun dapat ditindaklanjuti untuk kepentingan bersama. Tak hanya itu, hal ini merupakan peluang besar bagi mahasiswa Pedidikan Luar Biasa (PLB) untuk mendapatkan pengalaman serta dapat memberikan bantuan tenaga terapis pada proyek autis ini,” ujar Prof. Mohammad Effendi dalam sambutannya.

Pendaftaran Sekolah Rakyat Autis ditutup pada 20 Mei 2022. Bagi masyarakat yang ingin mendaftar dapat melalui online di https://forms.gle/Nc8sya3j91Tu8qSS7 atau secara offline di Malang Autism Center (MAC) Jalan Manggar, No. 8, Telp. +62 881 121 5758, Dau, Sengkaling Malang. (An/Red.BMK)