May 21, 2022

BERITAMADANI.COM

Media Online Indonesia

Ketua DPRD Kabupaten Kediri Ajak Masyarakat Tidak Terpengaruh Berita Hoax

Kabupaten Kediri, www.beritamadani.com – DPRD Kabupaten Kediri menggelar buka puasa bersama dan diskusi tematik DPRD Kabupaten Kediri bersama awak media, di Ruang Graha Sabbha Canda Bhirawa DPRD Kabupaten Kediri.

Bertindak sebagai narasumber di diskusi ini, diantaranya Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kediri Bambang Iswahyudi, Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Kediri Roma Duwi Juliandi, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kediri Novika Dian, dan pemimpin Radio Andhika FM Rofiq Huda.

Dalam diskusi itu dibahas serba-serbi dan peran dunia media dalam komitmennya melawan hoax pada  era digitalisasi saat ini.

Selama kegiatan berlangsung panitia pelaksana menerapkan protokol kesehatan secara ketat yakni tetap mengenakan masker, membasuh tangan dengan sabun atau hand sanitizer dan menjaga jarak sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19.

Ketua DPRD Kabupaten Kediri Dodi Purwanto mengatakan, pihaknya melaksanakan kegiatan buka bersama awak media, diselingi dengan diskusi untuk merawat kondisi kebangsaan ditengah perkembangan zaman era saat ini.

Seperti saat ini pada era digital aplikasi Facebook, Twitter dan IG, terdapat muatan berita bersifat hoax. Secara tidak langsung dapat memperbarui pola fikir dan kondusifitas masyarakat, khususnya generasi penerus bangsa.

Kita harus membumikan Pancasila di Bumi Nusantara, agar terus terjaga dengan Bhinneka Tunggal Ika,” ujarnya, Rabu (27/4/2022).

Menurut Dodi, mengatakan dirinya tidak ingin Indonesia menjadi seperti yang terjadi di Yugoslavia atau bahkan nenek moyang seperti Majapahit Sriwijaya itu hilang di peta dunia.

Maka permasalahan suku agama, budaya, dan bahkan narkoba sering dijadikan hoax oleh pihak-pihak tidak bertanggungjawab, untuk memecah belah dan mengadu domba masyarakat.

”Kita perlu kesadaran dari untuk merawat bersama-sama baik masyarakat dan juga awak media untuk ikut serta bersama melawan hoax. Dengan bersatu melawan hoax, juga merupakan wujud persatuan dan kesatuan bangsa,” uraiannya.

Terakhir, tokoh politisi PDI Perjuangan tersebut mengajak semua elemen masyarakat untuk tetap bersatu menjaga keamanan ketertiban dan kedamaian Indonesia dengan tidak mudah terpengaruh dengan provokasi berita hoax atau bohong.

”Harapan kami kita tetap bersatu dan menjaga solidaritas, khususnya di Kabupaten Kediri selalu aman tenteram  guyup rukun agar terwujud sebuah Negara Indonesia yang penuh cinta damai,” pungkasnya. (*/Red.BMK-Cakas).