October 1, 2022

BERITAMADANI.COM

Media Online Indonesia

Gabungan Relawan Kemanusiaan Buka Bersama di Keswa Susuh Bango

Kabupaten Kediri, www.beritamadani.com – Untuk kesekian kalinya, Forum Kader Bela Negara Kediri Raya mengajak panggilan hati relawan Kediri Raya untuk memperhatikan kondisi rumah singgah Keswa Susuh Bango dengan buka bersama ODGJ di rumah Roikan pada Senin, 25 April 2022.

Hadir 20 aktivis kemanusiaan  Kediri Raya dari Forum Kader Bela Negara ( FKBN ), Ormas Pembela Kesatuan Tanah Air – Indonesia Bersatu ( PEKAT-IB ), Wana Rescue dan Tim Rescue Kediri Raya (TRKR) gelar buka bersama di “Mental Baitul Latifa” di Jalan Masjid Dusun Susuh Bango RT 01 RW 02 Desa Susuh Bango Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri.

Roikan dan Sulastri sepasang suami istri  yang terpanggil jiwa pelayanannya mengabdi merawat Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Kediri Raya sejak enam tahun terakhir ini.

“Awal mulanya dulu saya bersama suami sering melihat ODGJ yang berada di jalanan. Kami merasa kasihan lalu  berinisiatif untuk merawat di rumah kami yang sederhana. Rumah hanya seluas 28 ru dan masuk gang sempit, tidak membuat kami berkecil hati. Keterbatasan kami memaksakan ODGJ bercampur tidurnya dalam satu kamar dan satu ruang Isolasi lengkap dengan rantainya”, ucap Sulastri.

Joko Suprayitno selaku Kepala SAR FKBN Kediri Raya mengatakan memanusiakan manusia Susuh Bango kali ini mengajak Buka Bersama berharap mempunyai nilai perhatian lebih kepada Roikan sekeluarga dan ODGJ di rumah Keswa ini.

“Dengan 35 ODGJ, sebulan lalu kami “make over” rumah ini, ada empat ODGJ yang dipasung di Ruang Isolasi Keswa. Sekarang bertambah 15 Orang di ruang itu. Relawan Roikan Sulastri sangat membutuhkan bantuan sosial bentuk apapun untuk merawat ODGJ disini”, ucap Joko Suprayitno yang akrab disapa Aji.

Dikatakan Aji Rumah Singgah Keswa Susuh Bango ini sangat membutuhkan donasi beras yang sudah menipis, peralatan mandi, pakaian dan lainnya.

“Kalo Lauk ya diberi relawan, kadang hanya nasi putih saja. Pemulihan ODGJ sangat butuh asupan nutrisi otak dan tubuh. Bila berkenan dengan segala kerendahan hati kami mewakili relawan kemanusiaan Kediri Raya, donasi bisa disalurkan melalui  Bank Jatim atas nama Forum Kader Bela Negara Kediri Nomor Rekening 0067194764. Informasi Keswa Susuh Bango bisa melalui Nomor Ponsel 082141023032 (Kris). Salam Bela Negara,” tegas Aji. (Cakas)