October 1, 2022

BERITAMADANI.COM

Media Online Indonesia

Peringatan HUT PPNI ke-48 DPK PPNI RSUD Kabupaten Kediri

Kabupaten Kediri, www.beritamadani.comSejak 17 Maret 1974 Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) telah berdiri sebagai organisasi profesi perawat yang juga memiliki peran dalam pembangunan kesehatan masyarakat di Indonesia. Hari Ulang Tahun Persatuan Perawat Nasional Indonesia ke-48 tahun 2022 mengusung tema “Perawat Bersama Rakyat Menuju Bangsa Sehat Bebas Covid-19”.

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Persatuan Perawat Nasional Indonesia ke-48  Dewan Pengurus Komisariat (DPK) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) RSUD Kabupaten Kediri (RSKK) melaksanakan edukasi tentang protokol kesehatan kepada para pengunjung rawat jalan sebanyak 50 orang pada hari Kamis, 17 Maret 2022, bertempat di loket pendaftaran RSKK.

Ners Anggrita Eka Rosanti S.Kep. memberikan edukasi tentang Protokol Kesehatan kepada pengunjung, diantaranya memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, menjaga pola makan, menghindari kerumunan. Cuci tangan bisa menggunakan air mengalir dan sabun atau menggunakan hand sanitizer. Dengan mencuci tangan yang benar, bisa menghilangkan kuman yang bersarang di telapak tangan. Pemakaian masker harus tepat, masker harus menutupi area hidung dan mulut, tidak boleh diturunkan. Apabila akan membuang masker bekas pakai, maka masker langsung dilepas dan dilipat kebagian dalam.

Setelah dilakukan edukasi, para pengunjung diberikan pertanyaan yang berkaitan dengan protokol kesehatan. Hal ini bertujuan untuk melihat sejauh mana pemahaman pengunjung terhadap edukasi yang telah diberikan.

Saat dikonfirmasi awak www.beritamadani.com, Asiana Oktavia Purwaningsih S.Kep.Ns. perwakilan DPK PPNI RSUD Kabupaten Kediri menyampaikan, “DPD PPNI Kabupaten Kediri mengadakan pengabdian masyarakat disejumlah titik, diantaranya bertempat di RSUD SLG Kediri dengan kegiatan berupa pelaksanaan vaksinasi dengan target 200 orang, RS HVA Toeloengredjo dengan kegiatan vaksinasi dengan target 100 orang, di Desa Besuk Kecamatan Gurah oleh DPK RSM Siti Khotijah Gurah dengan kegiatan Edukasi Protokol Kesehatan dengan target sejumlah 15 penduduk, DPK PPNI STIKES Karya Husada Kediri di Balai Desa Darungan Wilayah Puskesmas Bendo dengan kegiatan vaksinasi targetnya adalah 300 orang”.

“Titik pengabmas kami selanjutnya berada di Balai Desa Badas wilayah Puskesmas Badas yang dilakukan oleh DPK PPNI Pare kegiatannya vaksinasi juga dengan terget sebanyak 200 orang, di RSUD Kabupaten Kediri dengan kegiatan Edukasi tentang Protokol Kesehatan pada pengunjung RS sebanyak 50 orang, di Puskesmas Plosoklaten yang dilakukan oleh DPK PPNI Pare kegiatannya adalah vaksinasi dengan target sebanyak 200 orang, DPK Papar di Puskesmas Puhjarak dengan sasaran 100 orang. Harapan kami semoga pandemi segera berakhir, masyarakat bisa bebas kemanapun tanpa menggunakan masker”, pungkas Asiana. (Red.BMK)