May 21, 2022

BERITAMADANI.COM

Media Online Indonesia

Gubernur Jawa Timur Tinjau Tanaman Nanas Asli Lereng Gunung Kelud Kabupaten Kediri

Kediri, www.beritamadani.com – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa didampingi Wakil Bupati Kediri Dewi Mariya Ulfa menikmati buah nanas yang berada di wilayah Lereng Kelud, Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri. Buah Nanas yang segar itu langsung dipetik dan dimakan, Minggu (27/2/2022).

Nanas yang dipetik yakni jenis PK-1 produk unggulan hasil binaan praktisi Institut Pertanian Bogor (IPB). Menurutnya, area tersebut bisa berpotensi sebagai daerah agro wisata.

“Area seperti ini sebetulnya punya potensi menjadi destinasi wisata,” kata Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Khofifah menambahkan, hasil buah nanas di Lereng Kelud ini luar biasa. Dapat langsung dikonsumsi, dikupas diiris tipis-tipis rasanya segar seperti melon.

Selain menikmati nanas, Pihak Pemprov Jatim juga memberikan sejumlah dukungan kepada para petani Nanas, khususnya di Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri. Salah satunya permodalan KUR Yarnen, para petani dapat memperoleh pinjaman modal yang bisa dibayarkan setelah masa panen.

“Pemprov juga punya program. Di sini bisa disiapkan sebagai destinasi wisata berbasis agro, jadi ada untuk permodalan,” ujarnya pada media www.beritamadani.com

Menurut Khofifah, destinasi wisata berbasis agro ini dapat menjadi harapan pendapatan baru bagi masyarakat. Dengan jenis nanas ini diharapkan dapat menjadi salah satu pemetaan wisata di Jawa Timur.

“Nanas jenis PK-1 ini durinya tidak terlalu tajam, jadi kalau untuk anak SD SMP atau wisata keluarga, ini bisa menjadi destinasi wisata baru,” tutupnya.  (Cakas)