October 1, 2022

BERITAMADANI.COM

Media Online Indonesia

Danramil 0809/13 Kepung Bersama Muspika dan Tokoh Adat Besowo Canangkan Kampung Pancasila

Kabupaten Kediri, www.beritamadani.com– Upaya menangkal paham-paham radikal yang menjadi ancaman bagi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Danramil 0809/13 Kepung bersama Muspika Kepung bertemu Tokoh Adat Desa Besowo, mencanangkan aktifkan kembali Kampung Pancasila di Desa Besowo, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri, Rabu (02/3/22) .

Menerapkan Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara merupakan harga mati yang tidak bisa ditawar. Sebagai warga negara Indonesia, setiap orang diminta untuk menumbuhkan dan mengimplementasikan makna Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat.

Hal itu diungkapkan Danramil 0809/13 Kepung Kapten Czi Roberto Hutabarat kepada awak media, disela-sela upacara arak Ogoh-ogoh Perayaan Hari Raya Nyepi 1944 Saka/2022, di Desa Besowo. 

“Kampung Pancasila ini sebenarnya itu adalah kesadaran kita sendiri semuanya, karena ini adalah perintah dari atasan kepada pemerintah setempat untuk mengaktifkan kembali Kampung Pancasila, tujuannya adalah supaya masyarakat kita mengenal ideologi Pancasila negara kita ini, di kampung Besowo ini, kebetulan kami lihat warganya sangat toleransi, yang luar biasa,”jelas Roberto Hutabarat.

Kapten Czi Roberto Hutabarat menambahkan,“Kami sampaikan kepada Kepala Desa dan seluruh Perangkat bahwa kami akan membuat Kampung Pancasila di sini dan responnya juga cukup baik, antusias masyarakat juga cukup bagus dan contoh di depan, kami buat gapura darurat, itu semua gotong-royong, masyarakat Desa Besowo,”ucap Danramil 

“Untuk hari ini kebetulan kami bersama Muspika Kecamatan Kepung mendukung kegiatan keagamaan dalam rangka Hari Raya Nyepi, serta arak-arakan Ogoh-ogoh dan semua masyarakat umat beragama ikut partisipasi saling mendukung,” ujarnya.

Lebih lanjut Danramil 0809/13 Kepung memaparkan, dengan dibentuknya Kampung Pancasila tersebut, nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila dapat dilaksanakan oleh masyarakat melalui wujud nyata di wilayah Kabupaten Kediri khususnya Desa Besowo ini. “Pancasila itu bisa terwujud dengan menjaga kerukunan, keharmonisan dan toleransi serta persatuan walaupun berbeda etnis, suku dan agama,” pungkas Kapten Czi Roberto Hutabarat.

Sementara Camat Kepung Suparlan mengatakan,“Kami sangat mendukung terbentuknya Kampung Pancasila  ini, tadi sudah dijelaskan oleh Danramil bahwa Pemerintah ingin memelihara nilai-nilai luhur yang ada di masyarakat. Pancasila supaya tidak luntur, sehingga kami Pemerintah Desa bahu-membahu bagaimana yang diprogramkan oleh Pemerintah untuk mengaktifkan Kampung Pancasila ini bisa sukses,”paparnya.

“Karena inilah benteng negara kita, kita awali dari Desa Besowo semoga ini bisa mengilhami desa-desa yang lain untuk kembali mengingatkan akan arti pentingnya Pancasila sehingga kami berharap setelah yang di Besowo ini sukses acaranya juga kegiatannya, kemudian untuk desa-desa yang lain nanti bisa dikembangkan menjadi Kampung-kampung Pancasila,” tandas Suparlan

Hadir dalam giat memperingati Nyepi ini, Camat Kepung Sumarlan, S.H., M.Si., Danramil 0809/13 Kepung Kapten Czi Roberto Hutabarat bersama anggota, Kapolsek Kepung diwakilkan BKTM bersama anggota, Kepala Desa Besowo Suyanto bersama Perangkat Desa dan tokoh masyarakat Desa Besowo. (*Red BMK/Cakas)