October 1, 2022

BERITAMADANI.COM

Media Online Indonesia

Dekopinda Kota Kediri Memberikan Piagam Penghargaan Kepada Koperasi “SEHAT SEJAHTERA” RW 03 Kelurahan Blabak Kecamatan Pesantren Kota Kediri

Kediri, www.beritamadani.comRapat Anggota Tahunan merupakan agenda wajib setiap badan usaha koperasi, karena di dalamnya akan dibahas tentang pertanggungjawaban pengurus koperasi selama satu tahun kepada anggota koperasi yang bersangkutan.

Koperasi “SEHAT SEJAHTERA” RW 03 Kelurahan Blabak Kecamatan Pesantren Kota Kediri merupakan salah satu Koperasi ditingkat RW (Rukun Warga) di Kota Kediri yang melaksanakan RAT (Rapat Anggota Tahunan) tutup buku 2021 tercepat di Kota Kediri.

RAT tahun ini dihadiri oleh Ketua Dekopinda Kota Kediri, wakil dari Dinas Koperasi dan UMTK Kota Kediri, Ketua Forum Koperasi RW Kecamatan Pesantren Kota Kediri, Kepala Kelurahan Blabak, pendamping Koperasi RW, pengawas, pengurus dan anggota Koperasi “SEHAT SEJAHTERA” RW 03.

Pimpinan Dewan Koperasi Indonesia Daerah (DEKOPINDA) Kota Kediri menyampaikan penghargaan atas terselenggaranya RAT Koperasi “SEHAT SEJAHTERA” RW 03 Kelurahan Blabak Kota Kediri tutup buku tahun 2021 sebagai salah satu upaya mewujudkan Jati Diri Koperasi, yang dilaksanakan pada Hari Minggu, 02 Januari 2022 bertempat di Jl. Bambu Sari No. 2 Kelurahan Blabak. Untuk mewujudkan Koperasi sesuai Jati Dirinya adalah Kesetiaan Mewujudkan Cita-cita Bangsa sebagaimana diamanatkan dalam Pasal 33 Undang-Undang Dasar 1945.

Saat dikonfirmasi  awak www.beritamadani.com Dra. Firdaus menyampaikan, “Kami dari Dekopinda  Kota Kediri beserta dengan Dinas Koperasi dan UMTK Kota Kediri dan juga Kepala Kelurahan Blabak menghadiri RAT Koperasi “SEHAT SEJAHTERA” RW 03 Kelurahan Blabak. Yang pagi ini luar biasa karena mengawali di Kota Kediri untuk mengadakan RAT”.

Kak Edo sapaan akrab Ketua Dekopinda Kota Kediri sekaligus Wakil Ketua DPRD Kota Kediri menambahkan, “Pemerintah Kota Kediri mempunyai program 1 RW berdiri 1 Koperasi. Koperasi tersebut dalam tahun 2021 mendapatkan bantuan dana hibah dari pemerintah melalui program pemberdayaan masyarakat (Prodamas), di dalamnya termasuk rembug warga membahas permodalan. Koperasi ini juga telah menerima hibah dari Prodamas yang dimanfaatkan oleh pengurus dan anggotanya untuk bisa mensejahterakan anggotanya. Dalam artian dimanfaatkan untuk keperluan, kebutuhan dari anggota sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan. Termasuk diantaranya peningkatan permodalan UMKM yang ada di lingkungan RW 03 Kelurahan Blabak”.

“Alhamdulilah jelas tentunya sehat dan sejahtera. Luar biasa karena ada peningkatan-peningkatan dari SHU nya bisa dimanfaatkan dan dinikmati oleh anggotanya”, pungkas Kak Edo.

Ditempat terpisah, Juli Muliyanto, S.Pd. selaku wakil dari Dinas Koperasi dan UMTK Kota Kediri menyampaikan, “RAT yang dilaksanakan oleh Koperasi “SEHAT SEJAHTERA” RW 03 ini bagus dan awal dari RAT di Kota Kediri. Saya lihat baik pelaksanaannya maupun  laporan dari pembukuan, Alhamdulillah tepat waktu, Koperasinya sehat dan ada peningkatan hampir 20 % dari pendapatan maupun pembagian SHU. Dan yang lebih saya apreasiasi disini, pembagian tidak hanya SHU saja tetapi juga tabungan sukarela dan simpi (simpanan pinjaman). Yang mana simpanan pinjaman itu setiap anggota yang pinjam dikenakan jasa administrasi 1% dan 4% untuk tabungan terpimpin”.

Juli Muliyanto, S.Pd. berterima kasih kepada Ketua Dekopinda Ibu Dra. Firdaus yang juga hadir di acara ini. Beliau sangat memperhatikan sekali kegiatan-kegiatan koperasi di Kota Kediri, tidak hanya di koperasi RW juga di KSP, KSU, Kopwan, KPRI dan sebagainya.

“Harapan kami, walaupun pandemi tetap mengadakan peduli Covid-19 yang bersinergi dengan Dinas Koperasi, mengajak bersama-sama memberikan bantuan kepada UKM yang terdampak Covid-19 yang berjumlah 340 UKM dengan memakan biaya Rp. 96.000.000,- kumpulan dari donasi Koperasi dan kembali lagi kepada anggota Koperasi”, imbuhnya.

“Semoga kedepannya tetap kita adakan sharing, kerjasama karena dengan adanya Dekopinda Kota Kediri ini Dinas Koperasi dan UMTK juga merasa sangat diuntungkan dengan adanya gerakan Koperasi yang ada di Kota Kediri. Seperti diadakan pelatihan Koperasi oleh Dekopinda dimana tenaga ahlinya dimbil dari tenaga Dekopinda yang bagus”, pungkasnya.

M. Yusuf, S.Sos. selaku Kepala Kelurahan Blabak mengucapkan banyak terimakasih kepada Koperasi “SEHAT SEJAHTERA” RW 03 Kelurahan Blabak yang telah melaksanakan RAT. Ini sesuai dengan instruksi Walikota Kediri bahwa setiap RW di Kelurahan harus ada Koperasi.

“Alhamdulillah di Kelurahan Blabak sudah 80%, dari 10 RW sudah 8 RW yang sudah mendirikan Koperasi. Mudah-mudahan dengan instruksi Walikota ini, Kota Kediri menjadi Kota Koperasi sehingga bisa membantu masyarakat”.

“Saat ini bisa dirasakan masyarakat bahwa dari Prodamas diberikan dana untuk kegiatan Koperasi sehingga sangat membantu untuk kegiatan masyarakat. Mudah-mudahan tahun depan bantuannya lebih meningkat lagi sehingga bisa digunakan kegiatan yang lebih besar lagi. Karena masyarakat saat ini mulai dari simpan pinjam juga membutuhkan Koperasi supaya tidak terjerat dari rentenir-rentenir yang ada. Mudah-mudahan program Bapak Walikota untuk mendirikan Koperasi di Kota Kediri bisa berjalan dengan baik”, pungkas Yusuf.

Semoga dengan adanya kerjasama dari pembina koperasi yaitu Kepala Kelurahan Blabak dengan koperasi yang ada untuk bersama-sama kita tingkatkan, kita bina Koperasi “Sehat Sejahtera”  RW 03 ditahun-tahun mendatang semakin berkembang, semakin jaya dan anggotanya sejahtera luar biasa. (Widya-*/Red.BMK)