September 29, 2022

BERITAMADANI.COM

Media Online Indonesia

Pelantikan Serentak Perangkat Desa di Kecamatan Gurah

Kediri, www.beritamadani.com – Prosesi penjaringan perangkat desa di Kabupaten Kediri, kini memasuki tahap pelantikan. Hari Rabu, 15/12/2021 setidaknya ada 9 desa di Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri melaksanakan prosesi pelantikan.

Camat Gurah, Drs.Kaleb Satrio Wicaksono, M.M., menyebutkan pelantikan serentak di wilayah Gurah ini telah sesuai dengan prosedur dan Perbub No. 48 tahun 2021. 

“Benar, kemarin dari Bupati sendiri menghentikan prosesi pelaksanaan pengisian perangkat, tapi Kecamatan Gurah tidak termasuk jadi bisa melaksanan pelantikan ini,” ujarnya, Rabu (15/12/2021).

Menurutnya rekomendasi adanya pelantikan ini telah sesuai prosedur yang berlaku. Dimana dari pihak desa memberikan nama calon terpilih yakni peringkat pertama dalam tes kepada pihak kecamatan, selanjutnya pihak Camat memberitahukan kepada Bupati Kediri. 

“Kami hanya sekedar pemberitahuan ke Bupati bukan perizinan atau menunggu balasan, karena Perbup baru ini, malah kalau tujuh hari setelah penetapan tidak dilantik akan menyalahi aturan,” jelasnya. 

Dalam penjaringan perangkat di wilayah Gurah sendiri terdapat 28 lowongan pengisian perangkat dengan 10 Desa yang melaksanakan dan diikuti oleh 89 peserta dalam ujian perangkat desa.

Sementara itu, Kepala Desa Turus Kecamatan Gurah, Budi Santoso yang melaksanakan pelantikan perangkat desa menuturkan jika tahapan ini berjalan dengan lancar. 

Hadir dalam acara ini Muspika Gurah, serta 79 orang tokoh masyarakat setempat dan tetap mengedepankan prokes ketat.

Adapun perangkat yang dilantik yakni: Sekretaris Desa dan Kaur Umum Perencanaan Desa.

Dia berharap dengan dilantiknya perangkat baru ini, bisa bermanfaat bagi masyarakat khususnya di Desa Turus. 

“Ini jabatan pengabdian jadi jangan hitung rugi dan untungnya semoga bisa amanah dan bisa bermanfaat bagi masyarakat sini,” ungkapnya pada awak media yang meliput di tempat  pelantikan Balai Desa Turus Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri.

Sementara itu di Desa Wonojoyo juga dilaksanakan pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan perangkat baru dengan dua lowongan yakni dua Kepala Dusun. Dalam hal ini ada dua nama yang berhasil lolos dari 11 pendaftar. Keduanya yakni Irna Wijayanti dengan jabatan Sebagai Kasun Kebonagung dan Mila Chandra sebagai Kasun Ngancangan. (*/Red.BMK)