May 21, 2022

BERITAMADANI.COM

Media Online Indonesia

664 Orang Ikuti Ujian Bersama Untuk Pengisian Perangkat 68 Desa dan 13 Kecamatan di Kabupaten Kediri

Kediri, www.beritamadani.comRatusan peserta telah mengikuti ujian pengisian dan pengangkatan perangkat desa untuk desa yang masih ada kekosongan jabatan, atau adanya penambahan perangkat (pamong) non Kepala Desa yang dilaksanakan di gedung Convention Hall dan di Basement Simpang Lima Gumul (SLG), Kamis (9/12/2021).

Dalam pelaksanaannya didasarkan pada Perda No 05 Tahun 2017 serta Perbub 48 Tahun 2021, tentang pengisian perangkat desa yang kewenangannya dikembalikan ke Kades masing masing dengan melibatkan pihak ketiga dalam hal ini UIN (Universitas Islam Negeri) Tulungagung sebagai tim penguji.

Ketua Paguyuban Kepala Desa (PKD) Kabupaten Kediri, M. Damiin saat ikut nimbrumg ngopi bareng dengan awak media menyampaikan bahwa hari ini sedang dilaksanakan ujian pengisian perangkat desa, dengan total peserta mencapai 664 orang, untuk mengisi 164 formasi dari 68 desa dan 13 kecamatan.

“Pesertanya banyak maka pelaksanaan dari ujian hari ini dibagi dalam 2 tempat, meliputi yang 402 peserta dari 8 kecamatan yaitu: Keras, Ngadiluwih, Kandat, Ngancar, Semen, Ringinrejo, Kepung, Puncu, diadakan di Conventions Hall dan 262 terdiri dari Kecamatan: Pare, Kandangan, Gampengrejo, Papar, dan Pagu dilaksanakan di Basement SLG. Semoga pelaksanaan ujian ini semuanya berjalan lancar, aman dan terkendali,” ungkapnya.

Kalau sesuai dengan amanah dari Perda No 05 Tahun 2017 dan Perbup. No 48 Tahun 2021 bahwa Kewenangan dikembalikan ke Kepala Desa dan yang berhak menguji adalah Pihak Ketiga dalam hal ini kami telah menentukan Universitas Islam Negeri Tulungagung sebagai pelaksana ujian.

“Sedangkan untuk hasil ujian, langsung diumumkan, namun karena jumlah pesertanya sangat banyak dan untuk menghindari kerumuman, karena masih dalam suasana pandemi covid-19 maka usai ujian para peserta dimohon untuk langsung pulang. Nanti hasilnya disampaikan oleh Tim Desa masing-masing dan hasilnya juga langsung diumumkan di desa masing-masing,” demikian pungkasnya.  (Red.BMK)