October 19, 2021

BERITAMADANI.COM

Media Online Indonesia

Kasdim 0833/Kota Malang Bersama Forkopimda Ikuti Upacara HUT TNI ke-76 Secara Virtual

Kota Malang, www.beritamadani.com – Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0833/Kota Malang Mayor Khoirul Efendi bersama Forkopimda dan perwira jajaran mengikuti upacara peringatan Hari Ulang Tahun TNI ke-76 secara virtual.

Walaupun berjalan secara virtual, pelaksanaan upacara berlangsung dengan khidkmat.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pada peringatan Ulang Tahun TNI kali ini tidak ada parade alutsista dan atraksi kemampuan para Prajurit TNI.

Upacara HUT TNI berjalan dengan menerapkan Protokol Kesehatan ketat, karena masih adanya pandemi Covid-19.

Sedangkan tingkat pusat, upacara berlangsung di Istana Negara Jakarta, dilaksanakan dengan peserta yang terbatas dan disiarkan secara virtual.

Presiden Joko Widodo sebagai Panglima Tertinggi bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Upacara berlangsung dengan sesi mengheningkan cipta, kemudian berlanjut dengan pembacaan Sapta Marga.

Dalam amanatnya Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo menyampaikan Selamat Hari Ulang Tahun ke-76 Tentara Nasional Indonesia.

“Rakyat, Bangsa dan Negara juga menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada jajaran TNI yang selalu menjadi penjaga utama kedaulatan bangsa,”ucap Jokowi.

Jokowi juga mengatakan, bahwa TNI didalam menjaga keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945. Serta melindungi bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dari segala ancaman dan gangguan.

“Saya sampaikan hari ini kita masih berada dalam bayang-bayang pandemi Covid-19. Ibarat perang melawan virus Covid-19, saat ini seperti dalam perang yang berlarut-larut,”imbuh orang nomor satu di Indonesia ini.

Masih menurut Jokowi,”perang ini sangat menguras tenaga, menguras pikiran, mental, dan semangat juang,

Perang ini membutuhkan kewaspadaan kecepatan sinergi dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Keberhasilan kita dalam menangani pandemi Covid-19 ini tidak terlepas dari peran besar TNI,” pingkas Jokowi.

TNI selalu menunjukkan profesionalisme dalam setiap penugasan. Kemampuan perorangan, kemampuan satuan, pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi, termasuk alutsista telah digunakan dalam setiap tugas.

“Selamat Hari Ulang Tahun ke-76 Tentara Nasional Indonesia. Selamat bekerja dan mengabdi untuk Nusa dan Bangsa. Semoga Tuhan yang Maha Esa selalu bersama kita.

Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia, bersatu berjuang kita pasti menang,” tutupnya.

Selesai upacara, Kasdim 0833/Kota Malang mengungkapkan dalam rangka HUT ke-76 TNI, seperti instruksi Presiden Joko Widodo, Bahwa TNI siap bersinergi dengan semua komponen dan masyarakat untuk negeri.

“Oleh karena itu, mari  bersama semua elemen pemerintahan dan masyarakat bersinergi dalam rangka membangun Kota Malang,” tegas Kasdim. (Yuni)