October 19, 2021

BERITAMADANI.COM

Media Online Indonesia

Wakil Bupati Malang Bersama Forkopimda Melaksanakan Rapat Koordinasi Percepatan Vaksin

Kabupaten Malang, www.beritamadani.com – Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melaksanakan Rapat Koordinasi Percepatan Vaksin, bertempat di Pendopo Kabupaten Malang Jalan Agus Salim Kota Malang. Minggu (19/9/2021).

Targetkan 70% warga Kabupaten Malang tervaksin, Didik sapaan akrab Wakil Bupati Malang mengaku siap bekerjasama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Malang Raya untuk mencapai target tersebut.

“Kabupaten Malang akan terus bekerjasama dengan TNI Polri dalam percepatan vaksinasi. Harapannya, bulan Desember, warga Kabupaten Malang sudah tercapai minimal 70 persen tervaksin,” jelas Didik dalam Rakor di Pendopo Kabupaten Malang hari ini.

Meski demikian, Didik juga mengakui ada sejumlah kendala dalam upaya percepatan vaksinasi. Yang pertama adalah kendala vaksinator. “Saat ini berkaitan dengan jumlah vaksinator yang sangat kurang,” ujar Didik.

Kemudian yang kedua adalah kurangnya petugas administrasi saat pelaksanaan vaksinasi sebagai upaya melindungi akurasi data peserta. “Perlu penambahan jumlah petugas administrasi pada saat vaksinasi,” tambahnya.

Tetapi, Didik juga melihat ada peluang besar untuk mencapai target 70 persen ini. Yaitu mendorong masyarakat dan para santri Ponpes untuk mengikuti dalam program kebut vaksinasi. “Dengan mendorong masyarakat dan membidik santri, target 70 persen tervaksin ini bisa tercapai,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Staf Korem 083/Bdj Letkol Inf A Juni Toa yang mewakili Danrem 083/Bdj menyampaikan tentang publikasi dan identifikasi masalah. Terutama pada permasalahan sosiologi dalam pengerahan masyarakat.

“Kita harus bersinergi dalam membangun strategi untuk proses vaksinasi ini agar seluruh masyarakat Kabupaten Malang bersedia ikut vaksinasi. Jangan abaikan tentang permasalahan dalam penginputan data-data,” terangnya.

Dengan ketersediaan jumlah vaksin dan vaksinator yang terbatas, Juni menyarankan agar di setiap lokasi vaksinasi ada dokter. Tugasnya yaitu screening warga yang akan vaksin.

“Perlu ada peran Toga dan Tomas dalam membujuk para warga Kabupaten Malang agar bersedia vaksinasi. Agar target 53.000 orang per hari dapat kita capai,” jelasnya.

Sementara itu Dandim 0833/Kota Malang Letkol Arm Ferdian Primadhona mengamini.

Kodim 0833/Kota Malang menyadari pentingnya kebut program vaksinasi terhadap masyarakat di Malang Raya. Karena, jumlah persentase yang tervaksin masih rendah dari target daripada wilayah lainnya. Sehingga keterlibatan TNI Polri dalam mensosialisasikan percepatan vaksinasi Covid-19 ini bisa berdampak positif terhadap cakupan vaksinasi di Malang Raya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kakesdam V/Brawijaya Kolonel Ckm dr. Djanuar Fitriadi, Kadinkes Provinsi Jatim Dr. dr. Kohar Hari Santoso. Hadir pula para Kasi Korem 083/Bdj, Kasdim 0818/Kab. Malang-Batu Mayor Arh Joko S, beserta perwakilan Polres Malang dan Batu, dan para Kepala Puskesmas se Kabupaten Malang. (*/Red.BMK)