October 19, 2021

BERITAMADANI.COM

Media Online Indonesia

Komunitas Kali dan Budaya Malang Raya Kunjungi ‘Kampung Glintung Go Green’

Kota Malang, www.beritamadani.com – Sebanyak kurang lebih 50 orang peserta dari Komunitas Kali dan Budaya Se Malang Raya melakukan kunjungan ke ‘Kampung Glintung Go Green’ yang berada  di RW 19 Kelurahan Porwantoro Kecamatan Blimbing Kota Malang. Minggu siang (26/9/21).

Kunjungan dari Komunitas Kali dan Budaya Malang Raya ini bertujuan untuk melihat langsung dan ingin belajar bagaimana cara untuk menata kampung. Hal ini karena ‘Kampung Glintung Go Green’ tersebut sudah terkenal di seluruh Nusantara bahkan sampai ke mancanegara.

Sementara itu Siswoyo Probo selaku Ketua Kegiatan Sambang Kampung dari Komunitas Kali dan Budaya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian acara dan program dari teman-teman Kali dan Budaya, untuk melihat langsung dan ingin belajar masalah tanah serta  lingkungan dan bagaimana bersinergi dengan bumi.

“Kami hadir ke sini adalah dalam rangka undangan dari Ir.Bambang Irianto untuk belajar bagaimana mengolah tanah dan lingkungan, terutama belajar bagaimana masyarakat agar bisa bersinergi dengan bumi dan bagaimana masyarakat bisa bergotong-royong untuk melestarikan bumi,” ujar  Siswoyo Probo, pria yang akrab dipanggil Wasis itu.

Senada dengan Wasis, Ir. Bambang Irianto yang juga merupakan Pembina Lingkungan Tingkat Nasional mengatakan, bahwa membangun lingkungan ini dasarnya adalah diawali dengan Budaya, sehingga kita sudah mempunyai pondasi untuk melestarikan bumi ini.

“Pada dasarnya membangun lingkungan ini harus didasari dengan Budaya sehingga kita kolaborasikan dengan membangun lingkungan. Karena ini semua bukan buat diri kita sendiri, namun juga akan digunakan oleh anak cucu kita dikemudian hari, sehingga kita wajib untuk melestarikan bumi,” tutur Ir.Bambang Irianto.

Sementara itu Mbah Rinto salah satu peserta yang juga pelaku Budaya menyampaikan, bahwa masyarakat harus selalu bergotong-royong dalam mengelola lingkunggannya. Jangan hanya pas acara tujuh belasan atau pas ada momen-momen tertentu saja untuk merawat lingkungan, tetapi harus setiap saat bergotong-royong untuk merawat bumi kita ini.

“Jangan hanya pas kegiatan tertentu saja atau pas tujuh belasan kita melakukan gotong-royong, tetapi setiap saat kita harus bisa merawat bumi ini agar kita selalu nyawiji dengan bumi,” pesan Mbah Rinto.

Kemudian setelah acara seremonial selesai, dilanjutkan keliling kampung dengan dikawal dan dipandu oleh Ibu-ibu pengurus ‘Kampung Glintung Go Green’ sambil dijelaskan satu persatu tanaman apa saja yang ada di kampung tersebut.

Sambil berjalan dan mengelilingi kampung tersebut pemandu juga menunjukkan bahwa di kampung ya juga ada kelompok lansia yang berpengalaman, untuk membuat berbagai macam kerajinan.

Kemudian acara diteruskan di rumah prestasi untuk mendapatkan pemahaman dan materi tentang bagaimana mengolah lingkungan yang baik. (Yuni)