0 3 min 3 mths

Kediri, www.beritamadani.com – Sebagai salah satu upaya dalam menekan penyebaran virus Covid-19, RSUD Kabupaten Kediri melaksanakan vaksinasi untuk keluarga pegawai RSUD Kabupaten Kediri. Vaksinasi ini dilaksanakan pada hari Kamis 17 Juni 2021, pukul 08.00 WIB – pukul 14.00 WIB.

Bertempat di ruang tunggu Paviliun Garuda RSKK (Rumah Sakit Kabupaten Kediri). Diikuti sekitar 400 peserta vaksin dari keluarga pegawai RSUD Kabupaten Kediri dan 50 dari BRI.

Dinformasikan bagi keluarga yang berhalangan hadir, vaksinasi susulan akan dilaksanakan kembali pada hari Sabtu, 19 Juni 2021, bertempat di Balai Desa Doko Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri pada pukul 09.00 WIB – 12.00 WIB. Vaksin yang digunakan adalah sinovac.

Saat dikonfirmasi awak media online www.beritamadani.com dr. Binti Ratna Khomsiyatin, selaku personal contact vaksin RSUD Kabupaten Kediri menyampaikan, “Kegiatan yang dilaksanakan hari ini adalah vaksinasi untuk keluarga pegawai kami, karena mereka termasuk resiko juga (kelompok rentan) karena suami, istri atau anaknya nakes (tenaga kesehatan), jadi termasuk kelompok rentan sehingga memang masuk sasaran yang diprioritaskan untuk vaksinasi. Peserta vaksin hari ini sekitar 400 orang, gabungan dari BRI dan keluarga nakes. Dimulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 14.00 WIB. Kami menyiapkan banyak meja untuk mempercepat pelayanan,” jelas dr. Binti.

“Vaksinasi ini sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan imunitas terhadap Covid-19. Namanya salah satu berarti tidak meninggalkan upaya yang lain terkait dengan protokol kesehatan yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas dan juga upaya-upaya yang lain,” tambahnya.

Dalam pelaksanaaan vaksinasi tetap mematuhi Protokol Kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah. Untuk mengurangi terjadinya kerumunan antrian, tim panitia sudah menata jadwal kedatangan peserta vaksin.

Peserta vaksin datang pertama menuju meja pendaftaran untuk validasi data, kemudian menuju ketempat screening untuk deteksi dini dari suatu penyakit (usaha untuk mengidentifikasi penyakit / kelainan) bilamana kondisi baik baru dilaksanakan vaksinasi. Setelah divaksin menunggu observasi keadaan umum setelah pemberian vaksin selama 30 menit. Apabila tidak ada tanda-tanda reaksi alergi, diperbolehkan meninggalkan tempat vaksinasi.

Dengan melaksanakan salah satu program pemerintah secara preventif dengan vaksinasi ini diharapkan dapat menekan angka bertambahnya penderita Covid-19 khususnya di wilayah Kabupaten Kediri. (Widya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *