0 2 min 3 mths

Malang, www.beritamadani.com – Aplikasi e-Pasar Malang yang saat ini dikenal sebagai aplikasi belanja B2C (business to customer), juga mulai merambah memfasilitasi B2B (business to business) untuk berkontribusi menjaga stabilitas harga di pasaran.

“Produk-produk pertanian sering menjadi korban manipulasi harga, terutama di sisi penyaluran produknya. Sehingga, kesenjangan harga yang luar biasa sering terjadi di pasar komoditas ini”, jelas Dicky Sulaiman, Wakil Ketua bidang Perdagangan dan Distribusi KADIN Kota Malang. Kehadiran e-Pasar diharapkan bisa menjaga dinamika supply-demand produk pertanian agar lebih stabil dan tidak merugikan salah satu pihak.

“Harga salah produk sayuran ini bisa mencapai 10 kali lipatnya saat di tangan konsumen”, ungkap Dicky Sulaiman sembari menyebutkan sayuran yang dimaksud. Baginya, hal itu sudah melebihi batas kewajaran. “Harga di petani ditekan habis, sementara dompet konsumen mendapatkannya dengan harga tinggi sekali”, ujarnya.

Aplikasi e-Pasar dalam hal ini memfasilitasi petani untuk membuka lapaknya di level harga distributor. Dengan adanya pematasan kuota minimal pembelian di e-Pasar, diharapkan end-user akan otomatis dibatasi agar tidak langsung membeli di harga grosir.

“Mekanismenya, pembeli grosiran memesan secara pre-order melalui e-Pasar, kemudian kami antar langsung ke pasar yang ditunjuk di pagi harinya”, jelas Rudy Atmoko selaku wakil dari Kelompok Tani Kedungrejo. Melalui mekanisme ini, pedagang sayur bisa mendapatkan barang secara kontinu di level harga yang baik dan barang yang masih segar. “Jadi lebih hemat di ongkos transport, dan kepastian supply yang terjaga”. Kehadiran Kelompok Tani Kedungrejo sebagai pelapak di aplikasi e-Pasar merupakan pionir dari sisi produsen langsung dan pedagang grosir. Kehadiran grosir di e-Pasar ditarget dapat meringankan beban pedagang kecil seperti mlijo keliling yang waktunya sudah habis untuk operasional menjajakan dagangannya. “Mlijo keliling dan pedagang sayur kecil di pasar-pasar kami harap bisa menikmati fasilitas manfaat dari e-Pasar ini”, tutup Rudy. (jmm)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *