Malang, www.beritamadani.com – Pembentukan DPD Perkumpulan Wartawan Media Online Indonesia (PWMOI) di wilayah Malang Raya, yang beberapa bulan sempat tertunda, akhirnya kepengurusan DPD terbentuk. Giat pemantapan kepengurusan DPD PWMOI Malang Raya yang bertempat di Hotel 101 Kota Malang tersebut, secara aklamasi Djoko Warsito terpilih sebagai Ketua dan Eko Sabdianto sebagai Wakil Ketua, Masa Kepengurusan 2021-2024, Sabtu (17/4/2021).

Perkumpulan Wartawan Media Online Indonesia (PWMOI), merupakan organisasi profesi bagi setiap insan pers yang berkarya dimedia online. Selain itu PWMOI sebagai wadah berhimpun dan sarana peningkatan kapasitas Wartawan yang bernaung di organisasi profesi Wartawan yang telah memiliki legalitas sesuai dengan UU Pers.

Ketua DPC MOI Malang Raya Darsono Kuntho, yang juga sebagai salah satu inisiator pembentukan PWMOI, yang ikut hadir dalam acara pemantapan pengurus PWMOI ini, menyampaikan bahwa pembentukan organisasi profesi ini untuk mempersatukan para wartawan media online guna merealisasikan keinginan atau harapan bersama, bisa menjalin silaturahmi dan bisa membuat semua insan pers media online yang tergabung lebih berkompeten.

“Kita membentuk sebuah organisasi profesi ini, yaitu PWMOI dengan tujuan agar bisa mensatukan para wartawan media online, untuk merealisasikan keinginan atau harapan bersama agar bisa menjalin silaturahmi dan berbagi satu sama lain dan bisa membuatnya lebih kompeten. Selama ini kalau kami pantau, dengan banyaknya media online di Malang Raya yang belum tergabung dengan organisasi profesi kewartawanan,maka kami punya inisiatif membentuk PWMOI agar semua terwadahi dengan baik,” ungkapnya.

Darsono Kuntho juga memberikan himbauan kepada pengurus terpilih, supaya menjalankan organisasi profesi dengan baik dan mampu menjalin komunikasi dengan organisasi profesi lainnya yang ada di Malang Raya.

“Saya hanya menghimbau bagi para pemangku jabatan diorganisasi profesi ini agar saling mengisi, saling melengkapi dan menjalankan sesuai profesinya dengan baik. Menjalin komunikasi dengan sesama organisasi profesi yang lain, sesama organisasi alangkah baiknya begitu, karena kita ini bukan kompetitor namun harus saling mengisi dari organisasi yang satu dengan yang lainnya. Harapan saya, agar siapa yang menjadi ketua organisasi profesi kewartawanan ini bisa menjalankan secara profesional dan tetap menjaga marwah kejurnalisan,” imbaunya.

Setelah kepengurusan DPD PWMOI Malang Raya terbentuk, Djoko Warsito Ketua terpilih,  mengatakan bahwa program pertama kedepan yaitu akan merangkul insan pers media online di wilayah Malang Raya dan akan berusaha meningkatkan kualitas insan pers media online anggota DPD PWMOI Malang Raya.

“Kita akan merangkul dan mengayomi rekan-rekan jurnalis khususnya di wilayah Malang Raya, agar dalam membuat karya jurnalistik sesuai dengan koridor UU Pers,”jelas Djoko Warsito

Di tempat terpisah, Ichwan Efendi, Inisiator PWMOI Jatim dan juga Pengurus DPC MOI Blitar Raya, memberikan ucapan selamat kepada DPP PWMOI Malang Raya yang telah terbentuk.

“Sebagai Pengurus MOI Blitar Raya dan Inisiator PWMOI di Jawa Timur, saya ucapkan ‘Selamat & Sukses’ kepada kawan-kawan di Malang Raya yang telah membentuk kepengurusan DPD, sebagai wadah berhimpun dan sarana peningkatan kapasitas Wartawan yang bernaung di organisasi profesi Wartawan yang telah punya legalitas sesuai dengan UU Pers dan telah mempersiapkan program Perisai Hukum untuk perlindungan Wartawan anggota-anggotanya,”ujar Ichwan Efendi. (A.Maria)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *