Kediri, www.beritamadani.com – Sarasehan Budaya untuk memberikan nama Pendopo Pemerintah Kabupaten Kediri digelar pada, Kamis (18/03/21). Acara ini dihadiri Mas Bup paggilan akrab Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana, S.H., Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab.Kediri, Tim Perumus juga para tokoh seni dan budaya.

Mas Bup Dhito sapaan akrab Bupati Kediri, kepada awak media mengatakan bahwa pemberian nama pendopo ini melibatkan pelaku seni dan budaya yang mengerti sejarah Kediri.

“Pemberian nama ‘Panjalu Jayati’ untuk Pendopo Kabupaten Kediri melibatkan pelaku kesenian dan kebudayaan yang mengerti sejarah, serta melestarikan warisan leluhur yang adi luhung Kediri, dimana kalau bicara Budaya Kabupaten dan Kota merupakan satu kesatuan sejarah yang tidak bisa dipisahkan,” terangnya.

Mas Bup Dhito menambahkan bahwa nama ‘Panjalu Jayati’ memiliki arti Kediri Menang.

“Nama ‘Panjalu Jayati’ ini mempunyai arti Panjalu Jaya, atau Kediri Menang. Dan nama pendopo ‘Panjalu Jayati’ ini rencana akan dikukuhkan pada hari jadi Kabupaten Kediri pada tanggal, 25 Maret 2021 nanti,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, dari Ketua Tim Perumus, Kusnul Arif yang biasa dipanggil Mas Pipin, Founder ‘Yayasan Peduli Sesama’, atau pemilik ‘Radio Jayakatwang FM’ dan ‘Panjalu FM’ yang selalu nguri-nguri budaya menyampaikan bahwa terbentuknya DK4 bisa memberikan pertimbangan kepada Pemkab Kediri.

“Dengan terbentuknya DK4, bisa menampung aspirasi dan kreativitas masyarakat, membantu dan memberikan pertimbamgan kepada Pemerintah Kabupaten Kediri,  dalam menyusun pembinaan serta pengembangan kesenian dan kebudayaan,” terangnya. (Tim Bmk/Cak Kas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *