0 2 min 6 mths

Jakarta, www.beritamadani.com – Tim Digital Prawita GENPPARI melakukan pemantapan pelatihan penerapan dan pemanfaatan fasilitas marketplace digital sebagai sarana promosi dan transaksi online, guna meningkatkan pemasaran bagi produk-produk UMKM, yang menjadi binaan Prawita GENPPARI di Jakarta, Sabtu (13/3/2021).

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Umum DPP Prawita GENPPARI Dede Farhan Aulawi ketika melakukan pendampingan kepada para pelaku UMKM binaan Prawita GENPPARI.

“Sebagai organisasi pegiat pariwisata yang mana didalamnya juga mendukung pemberdayaan UMKM yang terpukul dimasa pandemi Covid-19 ini, organisasi Prawita GENPPARI terus melakukan terobosan inovatif untuk memperluas pangsa-pasar dan penyerapan produk-produk UMKM di tanah air. Salah satu bentuk riil-nya adalah optimalisasi penggunaan marketplace sebagai sarana promosi dan transaksi online,“ ujarnya.

Pada kesempatan tersebut tampak seluruh peserta sangat antusias mengikuti pelatihan yang mana pada tahap pertama sudah dilakukan secara online. Selanjutnya karena menyangkut masalah praktikum penggunaan maka tidak bisa dilakukan secara online, sehingga terpaksa harus dilakukan secara offline dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan secara ketat. Untuk itulah peserta pun dibatasi hanya 6 orang saja guna menghindari kemungkinan adanya penularan cluster baru.

Kemudian Dede juga menyampaikan harapannya yang penuh dengan optimis bahwa transaksi perdagangan online (e-commerce) di tanah air memiliki pasar yang semakin luas. Hal ini terlihat dari nilai transaksi yang terus meningkat selama beberapa tahun terakhir. Ujarnya.

“Seiring dengan waktu dan pemahaman masyarakat serta percepatan adaptasi terhadap teknologi digital, aktivitas jual beli secara online semakin meningkat. Oleh karena itu pemanfaatan teknologi tersebut untuk meningkatkan omset penjualan atau pemasaran produk-produk UMKM harus terus ditingkatkan. Salah satunya melalui pelatihan-pelatihan dan sosialisasi, yang senantiasa dilakukan oleh Prawita GENPPARI diberbagai wilayah di tanah air,“ pungkas Dede. (*/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *