0 3 min 9 mths

Kediri, www.beritamadani.com – Hujan lebat yang mengguyur Kota dan Kabupaten Kediri pada Hari Rabu (6/1) hingga malam, masih menyisakan genangan di sejumlah tempat. Salah satunya di Perumahan Kwadungan Permai yang masuk Desa Sambirejo, Kecamatan Gampengrejo, Kabupaten Kediri.

Salah satu warga Perum Kwadungan Permai Blok B, Rohmad, ketika ditemui www.beritamadani.com menjelaskan bahwa hujan deras mulai mengguyur sekitar Pukul 14.00 WIB sampai Pukul 21.00 WIB. 

“Yang paling parah ada di Blok E dan F, tinggi air sampai sepinggang orang dewasa,” ucap Rohmad, Kamis (7/1/2021)

Dijelaskan Rohmad, sebagian besar warga perumahan yang berada di Blok B sampai F harus mengungsi. Ada yang diungsikan ke Balai Desa Kwadungan Kecamatan Ngasem dan Balai Desa Sambirejo Kecamatan Gampengrejo.

“Sebagian warga mengungsi ke rumah saudaranya. Termasuk istri dan anak saya, juga saya ungsikan ke saudara. Saya sendiri menunggu di rumah,” imbuh Rohmad.

Ditambahkan oleh Rohmad, tahun lalu perumahan Kwadungan Permai Blok B sampai F juga pernah tergenang. Namun waktu itu, air langsung surut begitu hujan reda. “Entah kenapa banjir saat ini airnya awet dan lebih dalam,” ujar Rohmad.

Informasi yang diterimakan tim www.beritamadani.com di lapangan, data warga terdampak banjir Desa Sambirejo Kecamatan Gampengrejo yang berada di Perumahan Kwadungan Permai Blok C, D, E, dan F ada 360 KK. Sedangkan yang berada Blok B masuk Desa Kwadungan Kecamatan Ngasem ada 80 KK dengan jumlah 110 rumah.

Diketahui, sejak semalam, tim dari BPBD Kabupaten Kediri sudah turun ke lokasi dan mengevakuasi warga menggunakan perahu karet untuk selanjutnya diungsikan ke Balai Desa Kwadungan.

Di tempat yang sama Danramil Gampengrejo Kapten Arm. Bangun Budiadi yang berada di lokasi banjir menjelaskan, bahwa genangan air mencapai setinggi satu meter sekitar Pukul 24.00 WIB.

“Saya pesan kepada para pengungsi agar tidak kembali dulu, lebih-lebih bila cuaca mendung,” kata Kapten Bangun.

Menurutnya, tiap blok ada tim pengamannya, sehingga masalah keamanan lingkungan tidak masalah. Hanya saja untuk barang-barang di rumah bisa diambil untuk dibawa ke tempat yang aman.

“Di sebalah utara Perumahan Kwadungan Permai juga ada Perumahan Sambiresik, tapi tidak sempat tergenang seperti yang terjadi di Perumahan Kwadungan Permai yang Blok B sampai F,” pungkas Kapten Bangun.pada Media Online www.beritamadani.com.

Sementara itu, selain Gedung Serbaguna dibuka untuk Pengungsi, Pemerintah Desa Kwadungan Kecamatan Ngasem juga menyediakan Makanan kepada Warga Terdampak. 

Hingga berita ini ditulis, tim gabungan dari BPBD, TNI-POLRI Satpol-PP Kabupaten Kediri  masih di lokasi mengevakuasi warga. (Tim BMK/Cak Kas/Widya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *