0 2 min 10 mths

Blitar, www.beritamadani.com – Dandim 0808/Blitar, Letkol Arh. Dian Musriyanto, S.A.P., beserta Ibu Ketua Persit KCK Cabang XXII Dim 0808/Blitar, Ny. Dewi Dian Musriyanto, mengikuti kegiatan Upacara Bendera dalam rangka Memperingati Hari Pahlawan ke-75 Tahun 2020 Kota Blitar.

Dengan tema Hari Pahlawan Tahun 2020 yaitu “Pahlawanku Sepanjang Masa” yang dilaksanakan di halaman Kantor Walikota Blitar, Jl. Merdeka, Kel. Kepanjenkidul, Kec. Kepanjenkidul, Kota Blitar, Selasa (10/11/2020).

Dandim 0808/Blitar, Letkol Arh. Dian Musriyanto, S.A.P., selesai melaksanakan kegiatan mengatakan bahwa pada hari ini kita bersama memperingati Hari Pahlawan 10 November 2020 dengan khidmat, meskipun ditengah masa pandemi Covid ini. Tentunya dengan jumlah peserta yang terbatas dan disesuaikan dengan protokol kesehatan.

Hari Pahlawan kiranya tidak hanya sekedar diingat pada setiap Tanggal 10 November saja, namun lebih dari itu perjuangan dan pengorbanan para Pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia, perlu terus dikenang sepanjang masa. 

Apa yang telah dilakukan para Pahlawan kiranya dapat menginspirasi dan memotivasi kita semua, untuk meneruskan perjuangan mereka. Kalau dulu kita berjuang dengan mengangkat senjata, maka sekarang kita berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa, seperti kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham-paham radikal dan termasuk berjuang melawan pandemi Covid-19.

Lebih lanjut Dandim 0808/Blitar menambahkan bahwa melalui Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2020, adalah sebagai pengingat tentang Pertempuran Surabaya yang terjadi pada Tahun 1945. Pada saat itulah rakyat Surabaya bersama para Pejuang bertempur melawan tentara Inggris. Pertempuran Surabaya pada 10 November 1945 itu pun ditetapkan sebagai Hari Pahlawan, melalui Keppres Nomor 316 Tahun 1959 pada 16 Desember 1959.

Semoga dengan Peringatan Hari Pahlawan ini, ialah untuk mengenang dan memperingati perjuangan para Pahlawan dan pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia, dan diharapkan bisa membangun ingatan kolektif dan kesadaran berbangsa dan bernegara, memperkokoh nilai-nilai kepahlawanan, keperintisan dan kesetiakawanan sosial, ucapnya.

Acara dilanjutkan dengan Upacara ziarah Nasional di Makam Bung Karno, Kota Blitar. (Dim0808/Heny).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *