September 27, 2021

BMK

Media Online Indonesia

Kapolres Kediri Bersama Muspika Launching Kampung Tangguh Semeru Desa Bringin

Kediri, Beritamadani.com – Dalam upaya membentuk  tiap- tiap desa bisa mandiri dalam bidang sumber daya manusia, sarana dan prasarana, dalam menghadapi pandemi Covid-19 di Kabupaten Kediri, Polres Kediri kembali meresmikan Kampung Tangguh Semeru Desa Bringin, Kecamatan Badas, Selasa (30/6/20).

Peresmian ini dilaksanakan di Gedung Serba Guna Desa Bringin, Kecamatan Badas, dihadiri oleh sejumlah tokoh penting di Kecamatan Pare. Diantaranya, Kapolres Kediri  AKBP Lukman Cahyono,S.I.K., PJU Polres Kediri, Plt. Camat Badas Anik Wuryani, S.Sos., M. Si. , Danramil 11 Pare Kapten Inf. Warsito, Kapolsek Pare Iptu I Nyoman Sugita,SE.,M.Si., Wakapolsek Iptu Adi Purnawan,SH., Kepala UPTD Puskesmas Badas Dr. Dian, Kepala Desa Bringin Iwan Faisol, ST., Ibu- ibu PKK Desa Bringin, Ketua dan Anggota Gugus Tugas Penanganan Covid- 19 Desa Bringin dan 60 orang tamu undangan lainnya.  

Dalam Sambutannya Iwan Faisol,ST., Kades Bringin, mengatakan,”Pada kesempatan hari  ini kami ingin menyampaikan bahwa di Desa Bringin sebelumnya memang sudah ada tim yang menangani wabah ini sejak pandemi Covid- 19, kami ucapkan terimakasih kepada Bapak Kapolres Kediri yang bersedia menyempatkan waktu untuk datang ke sini dan meresmikan Kampung Tangguh Semeru ini.Dengan adanya Kampung Tangguh Semeru ini diharapkan di Desa Bringin ini apabila ada pasien yang positif Covid-19, kita tidak bingung lagi dalam penanganannya,”ujarnya.

Lebih lanjut Kades Bringin ini menyampaikan,”Kami mempunyai potensi desa diantaranya ada Kampung Madu, yang terletak di Dusun Purworejo, kemudian ada Kampung Sawo yang terletak di Dusun Bunut, kemudian ada obyek wisata yaitu Sumber Klinting yang terletak di Dusun Bringin, namun karena adanya pandemi ini untuk sementara obyek wisata tersebut kami tutup,”pungkasnya

Sementara Plt .Camat Badas, Anik Wuryani, mengatakan,” Desa Bringin sebelum diadakannya Kampung Tangguh Semeru merupakan desa yang siaga, ini dibuktikan dengan Desa Bringin memperoleh penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Kediri terkait dengan Inovasi- inovasi di desanya, dan Desa Bringin menurut saya sangat layak untuk dijadikan Kampung Tangguh Semeru ini,”tuturnya

Dalam moment ini Kapolres Kediri AKBP, Lukman Cahyono,S.I.K., dalam sambutanya mengatakan, “Dalam situasi seperti ini kesehatan merupakan hal yang diidam- idamkan oleh masyarakat, maka dari itu kita harus menjaganya, saya salut atas apa yang dipaparkan oleh Kepala Desa Bringin,”katanya.

“Terbentuknya kampung tangguh ini merupakan inisiasi dari Gubernur Jatim, Kapolda Jatim dan Pangdam Brawijaya. Kampung tangguh dibentuk karena memang dikhususkan dalam penanganan Covid-19, agar tiap-tiap desa bisa mandiri dalam bidang sumber daya manusia, sarana dan prasarana dalam menghadapi apabila nanti kejadian yang tidak dikehendaki muncul maka Desa Bringin sudah siap,”jelas Kapolres Kediri.

Lebih lanjut dikatakan,”Di Kabupaten Kediri Alhamdulillah dalam Tabel Covid-19 di wilayah Jawa Timur sudah menurun drastis, dari yang semula kita peringkat 4 dan sekarang sudah dalam peringkat 11, ini tidak terlepas dari jerih payah kita semua dalam pembentukan kampung tangguh di desa- desa di wilayah Kabupaten Kediri,”jelasnya.

Kapolres Kediri AKBP, Lukman Cahyono,S.I.K., juga memaparkan,”Tadi saya yakin di Desa Bringin ini dapat menangani dampak sosial ekonominya, karena sumber daya pangannya sudah tercukupi untuk memenuhi kebutuhan pangan desanya. “Hal Positif terkait dengan adanya pandemi Covid -19 ini adalah warga masyarakanya mulai care atau peduli terhadap lingkungannya, ini di buktikan dengan di aktifkannya kembali ronda atau poskamling, dan terbukti angka kriminalitas di wilayah Kabupaten Kediri menurun,”paparnya.

“ini perlu di pertahankan di wilayah Desa Bringin karena kita tidak tahu sampai kapan wabah virus corona ini akan berakhir dan perlu diketahui bahwa penyakit ini bukan aib, kita semua bisa terkena penyakit ini, maka dari itu kita wajib mengedukasi masyarakat terkait hal ini,”pungkas AKBP, Lukman Cahyono,S.I.K.

Peresmian Kampung Tangguh Semeru Desa Bringin Kecamatan Badas ini terdapat juga beberapa  kegiatan antara lain, penyerahan sembako dari Kepala Desa Bringin diserahkan kepada perwakilan masyarakat yang terdampak Covid 19, penyerahan tali -asih dari Kepala Desa Bringin kepada Kapolres Kediri dan peninjauan fasilitas kampung tangguh oleh Kapolres Kediri bersama Muspika, serta launching Kampung Tangguh Semeru yang ditandai dengan pelepasan balon dan burung ke udara. (Cak Kas/Widya)