2 3 min 1 yr

Kediri, www.beritamadani.com – Mata Air Jogo Towo atau yang juga disebut Sendang Towo, terletak di area persawahan sebelah selatan Situs Arca Toto Kerot dan sebelah utara Monumen Simpang  Lima Gumul(SLG).

Bila anda akan berkunjung ke mata air ini dari arah  Monumen SLG bisa ditempuh dengan kendaraan dengan jarak sekitar 1,5 Km. Secara administratif masuk wilayah  Desa Sumberejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri.

Mata Air Jogo Towo atau yang juga disebut Sendang Towo, merupakan sumber air yang air jernih, air tak kunjung surut walaupun dimusim kemarau. Sebelumnya ditempat ini hanya titik sumber air tawar saja, yang berada di tengah persawahan milik warga, yang ada di wilayah Dusun Joho, Desa Sumberejo.

“Suatu ketika ada orang sakit yang mandi di sini, setelah mandi  yang bersangkutan sembuh dari penyakitnya,”ucap salah satu pengunjung yang tidak mau disebut namanya.

Dari keistimewaan tempat inilah, beberapa pengunjung menyakini bahwa air jernih ini bisa sebagai media untuk penyembuhan berbagai penyakit.

Menurut penuturan pelaku spiritual Mbah Kukuh, dikatakakan bahwa,”Saya juga mendapat wisik bahwa Sendang Towo di sini bisa untuk kesembuhan, tentunya seijin dari Tuhan Yang Maha Kuasa,” ungkapnya.

Pemrakarsa pembangunan Mata Air Jogo Towo ini adalah Mbah Kusen dan Mbah Kukuh, sekarang area mata air Sendang Towo ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasum. Salah satunya adalah pendopo yang baru dibangun dengan dana sumbangsih pribadi, serta donatur yang mendukung adanya pembangunan fisik Sendang Towo ini.

Dwi Santosa, Kepala Desa Sumberejo, mengatakan,”Mata Air Jogo Towo atau Sendang Air Jogo Towo sekarang pada tahap pembenahan di atas lahan kurang lebih 30 RU. Pembangunan dimulai sejak, 4 April 2020. Harapan dari keberadaan situs baru ini adalah kedepan bisa menambah aset desa untuk peningkatan perekonomian dan destinasi wisata religi di Kabupaten Kediri,” ujarnya.

Lebih lanjut Dwi Santosa mengatakan,”Keberadaan Mata Air Jogo Towo, terletak di sekitar Kawasan Wisata Monumen SLG, dimana selain adanya Petilasan Joyoboyo yaitu Sendang Tirto Kamandanu, tidak jauh dari desa kami ada Taman Totok Kerot, sehingga para wisatawan yang akan berwisata di Kab.Kediri bisa singgah juga ke situs baru ini,” pungkasnya mengakhiri perbincangan.

Bila anda ingin datang menikmati kesegaran air dari Mata Air Jogo Towo, bisa berendam ditempat ini, yang pasti suatu tempat yang menurut kita istimewa itu semua ciptaan-Nya dan kita semua wajib mensyukuri segala nikmat dari Tuhan YME.(Cak Kas/Widya)

2 thoughts on “Potensi Wisata Religi Mata Air Jogo Towo Sumberejo Ngasem Kab.Kediri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *