Blora, www.beritamadani.com – Kota Cepu yang terkenal dengan kota minyak, ternyata memiliki seorang seniman patung kayu ukir yang luar biasa, bernama Sutoyo (67) Tahun. Pria tua bertalenta ini kelahiran Kampung Sidodadi, Ketapang, Cepu, Tahun 1953, menekuni seni patung kayu ukir sekitar 20 tahun.

“Patung kayu ukir ini pesanan Klenteng Kwankong yang ada di Bojonegoro, ada 5 patung, serta ada patung Pendowo Limo pesanan seseorang dari Blora”, jelas Sutoyo.

Sutoyo mengisahkan bahwa dulu semasa 20 tahun lalu, pernah menggarap patung kayu di beberapa daerah , Jakarta, Bali dan Flores NTT. Karena keahliannya memahat itulah ia diajak seorang pengusaha untuk menggarap patung besar Liberty dari kayu, yang ceritanya dibawa ke luar negeri oleh sang pemesan.

Rupanya Pak Sutoyo yang asli Cepu ini, ketika masa tuanya berkeinginan pulang kampung. Sejak beberapa tahun terakhir ia tinggal di kios yang menjadi tempatnya bekerja, terletak di Jalan Raya Cepu – Blora, 700 Meter  dari traffic light, Jalan Provinsi Desa Jatirejo (gardu sapi,red).

Bila anda melintas ke Blora Jawa Tengah, sekitar dari kios Pak Sutoyo ini dikelilingi pepohonan kayu jati, memang tempat ini kawasan hutan jati. Bila anda berminat dengan seni patung kayu ukir, anda bisa ke tempat ini. (Cak Kas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *